Musgin's Blog


Peranan Wanita
Mei 18, 2009, 8:09 pm
Filed under: Penelitian

Peranan Wanita Dalam Usahatani Padi Sawah
(Studi Kasus: Wanita Tani di Kelurahan Bah Kapul
Kecamatan Siantar Sitalasari
)

Oleh: Ir. Mustafa Ginting, M.Si
Dosen Fakultas Pertanian Universitas Simalungun
Pematangsiantar

ABSTRAK

Dalam suatu sistim pertanian yang memandang keluarga sebagai unit terkecil dari usahatani, peranan keluarga dapat dinilai dari aspek produktif dan konsumtif. Dalam kedua aspek ini wanita mempunyai tanggung jawab khusus bagi berlangsungnya fungsi keluarga. Untuk itu berbagai upaya telah dilakukan wanita tani dalam memberikan kontribusi yang lebih besar untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Wanita Indonesia yang berjumlah setengah dari total populasi penduduk, merupakan sumber daya potensial yang perlu dikembangkan dan dibina dalam menunjang pembangunan. Oleh karena itu wanita sangat berperan dalam proses transformasi dari pertanian menjadi masyarakat yang memiliki kecakapan teknologi dan jasa yang dibutuhkan dalam pembangunan.

Sejalan dengan hal itu maka penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kontribusi tenaga kerja wanita terhadap pendapatan keluarga; (2) menganalisis alokasi waktu tenaga kerja wanita dan (3) menganalisis peranan tenaga kerja wanita dalam usahatani padi sawah. Penelitian dilaksanakan di Kelurahan Bah Kapul Kecamatan Siantar Sitalasari Kota Pematangsiantar pada bulan Januari sampai dengan Pebruari 2008.

Metode sampling berdasarkan strata (stratifikasi random sampling) luas lahan. Jumlah petani sampel sebanyak 30 KK dan untuk masing-masing strata ditetapkan secara proposional. Untuk mengenalisis kontribusi tenaga kerja wanita terhadap pendapatan keluarga dilakukan melalui pendekatan analisis faktor share. Sedangkan untuk menganalisis alokasi waktu tenaga kerja wanita dilakukan secara diskriftif dan untuk menganalisis peranan tenaga kerja wanita dalam usahatani padi sawah dilakukan melalui pendekatan analisis gender.

Dari hasil penelitian diperoleh (1) kontribusi tenaga kerja wanita terhadap pendapatan keluarga sebesar 22,30 %; (2) pengalokasian waktu wanita paling banyak dalam kegaiatan usahatani, yaitu sebesar 31,96 dari total waktu yang digunakan. Kemudian dikuti kegiatan belanja/memasak sebesar 10,87 %, dan mengurus anak sebesar 10,25 %; (3) peranan wanita dalam usahatani padi meliputi dalam kegiatan persemaian, penanaman, penyiangan, pengawasan, panen, dan pasca panen.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: