Musgin's Blog


Kajian Ekonomi Sistem Usahatani Padi-Ikan
Mei 19, 2009, 2:17 pm
Filed under: Penelitian

Kajian Ekonomi Sistem Usahatani Padi-Ikan
pada Lahan Irigasi

Oleh: Ir. Mustafa Ginting, M.Si
Dosen Fakultas Pertanian Universitas Simalungun

A B S T R A K

Budidaya ikan mas di lahan sawah meliputi beberapa sistem, yakni: (1) pada saat bero atau bera (dilakukan setelah panen tanpa tanaman padi) yang disebut sebagai mina padi palawija ikan mas. (2) setelah pengolahan lahan, melakukan persemaian, tetapi bibit tanaman padi belum dipindahkan ke lahan disebut sabagai mina padi penyelang dan (3) pada saat adanya pertanaman padi yang disebut mina padi tumpangsari. Dengan adanya perbedaan tersebut akan mengakibatkan perbedaan juga dalam hal biaya, produksi dan keuntungannya. Sistem mana yang paling menguntungkan untuk diusahakan petani belum ada informasi berdasarkan kajian ilmiah.

Sejalan dengan hal itu maka penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sistem usahatani padi-ikan yang paling menguntungkan ditinjau dari aspek ekonomi. Penelitian ini dilakasanakan di Nagori Marubun Jaya Kecamatan Tanah Jawa pada bulan Desember 2008 sampai Pebruari 2009. Jumlah petani sampel ditetapkan sebanyak 30 KK berdasarkan simple random sampling dengan menggunakan daftar tabel random. Analisis data terdiri dari 3 (tiga) tahap, yaitu. Tahap pertama analisis dominan menggunakan kurva keuntungan bersih. Tahap kedua analisis tingkat pengembalian marginal (Marginal Rate of Return = MRR). Tahap ketiga analisis tingkat pengembalian minimum (residual).

Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Sistem palawija merupakan sistem usahatani padi-ikan “dominated” yaitu sistem yang keuntungan bersihnya lebih rendah dan total biaya berubahnya lebih tinggi dibandingkan dengan sistem lainnya; (2) Perubahan dari sistem tumpang sari ke penyelang memberikan keuntungan marginal sebesar Rp. 305.388,81/ha dan MRR sebesar 13; (3) Berdasarkan analisis residual sistem tumpang sari yang paling menguntungkan


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: