Musgin's Blog


MHS FAK.PERTANIAN USI PELATIHAN BOKASHI
Mei 22, 2009, 4:07 pm
Filed under: Info

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SIMALUNGUN MELATIH MAHASISWA MEMBUAT BOKASHI

Mhs.Fak. Pertanian USI Praktek Pembuatan BokashiKegiatan ini telah diberitakan koran harian Metro Siantar tanggal 22 April 2009 halaman 4

Pupuk merupakan salah satu sarana produksi pertanian yang sangat besar peranannya dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas komoditas hasil pertanian. Oleh karena itu petani dengan pupuk tidak dapat dipisahkan. Pupuk adalah kehidupan bagi petani.

Petani di Indonesia termasuk petani di Siantar-Simalungun dalam berusahatani pada umumnya menggunakan pupuk anorganik (pupuk kimia) seperti Urea, SP36, KCL dan sebagainya. Petani tidak yakin bisa memperoleh hasil panen maksimal bila tidak menggunakan pupuk kimia.

Akhir-akhir ini terjadi masalah besar menyangkut pupuk kimia, langkanya pupuk kimia di pasar. Bila pupuk tersedia tetapi harganya luar biasa mahalnya, tidak terjangkau oleh petani.

Untuk ini perlu segera dicarikan solusi dan upaya mengatasi masalah ketergantungan petani terhadap penggunaan pupuk kimia dalam berusahatani. Upaya ini antara lain perlu diterapkan suatu teknologi baru yang murah, tepat guna, mudah tersedia bagi petani, khususnya dengan memanfaatkan seluruh potensi sumber daya alam sehingga tidak memutuskan rantai sistem ekologi pertanian itu sendiri.

Fakultas Pertanian Universitas Simalungun (FP-USI) sebagai lembaga pendidikan tinggi merasa prihatin terhadap masalah tersebut di atas serta terpanggil untuk mencarikan solusinya. Pernyataan ini disampaikan Ir. Mustafa Ginting, M.Si, Pembantu Dekan II Fakultas Pertanian USI dalam kegiatan pelatihan Mahasiswa Fakultas Pertanian USI membuat PUPUK ORGANIK “BOKASHI” (Bahan Organik Kaya Akan Sumber Hayati). Bahan active (Aktivator) yang digunakan adalah MTM-Dec (M-Dec) dan MO D71.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Lahan Percobaan FP-USI di Kampus FP-USI, Sabtu (18/4) lalu, atas kerjasama FP-USI dengan Badan Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP3K2P) Kecamatan Sidamanik dan PT. Dupont Indonesia.

Menurut Ir. Mustafa Ginting, M.Si, selaku koordintor pelatihan mengatakan tujuan pelatihan mahasiswa membuat Bokashi ini adalah sebagai proses belajar bagi mahasiswa dalam menemukan teknologi tepat guna sebagai alternatif mengatasi masalah penggunaan pupuk kimia dalam berusahatani. Oleh karena itu, katanya pelatihan ini akan dilanjutkan dengan aksi pembuatan Bokashi secara terus menerus dengan melakukan kajian ilmiah terhadap berbagai jenis bahan baku yang digunakan seperti pupuk kandang ternak dan serasah.

Lebih jauh Ir. Mustafa Ginting, M.Si yang dikenal sebagai aktivis pembangunan pertanian di Siantar-Simalungun dan juga dosen pada Program Pascasarjana (S2) USI menyatakan, fungsi pupuk Bokashi ini tidak kalah dengan pupuk anorganik seperti Urea, SP36, KCL dan sebagainya. Biayanya murah, serta bahan atau komposisinya tersedia di sekitar petani. Oleh karena itu sudah saatnya para petani menggunakan pupuk organik bokashi sebagai pupuk tanamannya. ”Bokashi ini dapat dipakai sebagai alternatif pengganti pupuk kimia atau setidak-tidaknya dapat mengurangi pemakaian pupuk kimia dalam berusahatani,” katanya.

Agronomist PT. Dupont Indonesia yang juga anggota komisi penyuluh, Jamerson Saragih, SP menyatakan, jika PT seperti FP-USI bisa lebih aktif dalam sosialisasi pembuatan pupuk organik kepada petani di Siantar-Simalungun maka pembuatan, pemakaian dan penggunaan pupuk organik akan semakin diminati petani.

”Saya optimis, jika petani Siantar-Simalungun mau dan mampu melakukan pembuatan pupuk organik ini. Produktivitas tanamannya akan meningkat dan akan mengurangi penggunaan pupuk kimia” katanya.

Kegiatan diikuti oleh Jamerson Saragih, SP dari PT.Dupont Indonesia dan Malinda Simanjuntak, SP dari BP3K2P Kecamatan Sidamnik, Ir. Rosmadelina Purba, MP selaku Dekan Fakultas Pertanian USI, Ummu Harmain, SP, M.Si selaku Ketua Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian USI, dan Pontius Lumbanraja Kepala BP3K2P Kecamatan Sidamanik, Dosen Fakultas Pertanian USI dan mahasiswa/i FP-USI.


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: