Musgin's Blog


SANSEVIERIA TANAMAN ANTI POLUTAN DAN OBAT AMBEIN
Maret 28, 2010, 2:21 am
Filed under: Info

SANSEVIERIA TANAMAN ANTI POLUTAN DAN OBAT AMBEIN

Oleh: Mustafa Ginting

Ir. Mustafa Ginting, M.Si

Sansevieria atau biasa disebut lidah mertua adalah tanaman hias yang cukup populer dan sering digunakan sebagai tanaman hias baik di luar ruangan rumah (outdoor) maupun di dalam ruangan rumah (indoor). Tanaman ini termasuk ”bandel” mampu  hidup pada kondisi yang sedikit air dan tidak ada cahaya matahari sama sekali.  Perkembangbiakannya sangat mudah, dapat diperbanyak melalui anakan, stek daun dan potong pucuk.

Tanaman ini beraneka jenis & unik. Kecantikan sansevieria ditunjukkan dari ragam jenis, bentuk dan warna daun (lihat gambar beberapa jenis sansevieria). Ragam jenis snsevieria yang ada di alam ini tidak hanya diperoleh dari persilangan tanaman tetapi juga karena mutasi. Tanaman sansevieria ini mudah mengalami mutasi. Bahkan saat dilakukan pengembangbiakan melalui stek daun, yang seharusnya anaknya akan seperti induknya, namun pada sansevieria akan sering terjadi mutasi sehingga anaknya berbeda dengan induknya. Kenyataan inilah yang menjadikan ragam jenis sansevieria semakin bertambah banyak. Selain itu, keunikan juga ditunjukkan oleh tanaman ini melalui ragam bentuk, ukuran dan warna daun. Berbagai ukuran daun baik yang besar atau yang kecil; bentuk yang memanjang atau yang pendek, melebar atau membulat; juga corak warna yang juga beragam.

Berdasarkan penelitian NASA (National Aeronautics and Space Administration) dan Delima Hasri Azahari Darmawan Tenaga Ahli Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) menyatakan sansevieria mempunya banyak manfaatnya.

Di dalam tiap helai daun sansevieria ada pregnane glycoside, zat yang mampu mengurai zat beracun menjadi senyawa organik, gula, dan asam amino. Zat beracun yang diurai, seperti karbondioksida, benzen, xilen, formaldehid, koloroform, dan triklorotilen.

Di dalam ruangan, sansevieria bisa menangani sick building syndrome, yaitu keadaan ruangan yang tidak sehat akibat tingginya konsentrasi gas korbondioksida, nikotin dari rokok, dan penggunaan AC. Satu tanaman sansevieria trifasciata lorentii dewasa berdaun 4-5 helai dapat menyegarkan kembali udara dalam ruangan seluas 100 m persegi.

Selain itu, sansevieria trifasciata lorentii yang dipotong-potong 5 cm yang ditempatkan di dalam kulkas dan parit dapat menghilangkan aroma tidak sedap. Dalam lingkungan industri potongan daun ini disebarkan di ruang-ruang produksi industri untuk mereduksi senyawa beracun yang terhirup oleh pekerja. Juga dapat mereduksi radiasi gelombang elektromaknetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi. Maka baik jika tanaman ini ditaruh di samping komputer atau televisi.

Sansevieria juga digunakan sebagai bahan baku tekstil dan bahan baku berbagai jenis obat-obatan. Si lidah mertua ini pun pernah diekspor ke Jepang tahun 2000 dan ke Korea tahun 2004. Namun pada tahun 2005 kegiatan ekspor sansevieria terhenti setelah hama busuk daun menyerang kebun petani sansevieria.

Disamping itu sansevieria dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Kemampuannya untuk tumbuh dalam segala kondisi dipercaya sebagai lambang kesuburan dan rezeki. Menurut feng shui sansevieria dipercaya dapat memberi energi positif pada sang empunya tanaman. Dengan adanya sansevieria di rumah seseorang rezeki akan lebih banyak mengalir ke rumah orang tersebut. Selain itu pengaruh negatif seperti penyakit dan nasib buruk juga akan hilang. Sudah barang tentu tidak ada penjelasan ilmiah untuk ini, tetapi banyak orang percaya memelihara sansevieria akan membawa keberuntungan bagi mereka.

Nah………….tunggu apalagi……………………..

  1. Ayo kenali, tanam dan kembangkan sansevieria…
  2. Buat pengusaha industri tekstil agar mengkaji ulang sansevieria untuk dapat digunakan sebagai alternatif bahan baku tekstil saat ini.
  3. Buat peneliti….ayo teliti lebih lanjut fungsi sansevieria bagi kehidupan manusia.
  4. Buat pemerintah, ayo gunakan sansevieria sebagai tanaman penghijauan di dalam kota dan jejaki serta  buka kembali keran ekspor sansevieria ke manca negara.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: