Musgin's Blog


REKTOR USI BERANGKATKAN 6 ORANG MAHASISWA USI MAGANG DI BUMN PT JASA RAHARJA
September 14, 2019, 3:28 pm
Filed under: Info

Rektor Universitas Simalungun (USI), Dr. Corry, M.Si memberangkatkan 6 orang mahasiswa USI mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) di BUMN PT Jasa Raharja selama minimal 6 bulan. Acara pemberangkatan dilaksanakan di Aula Biro Rektor USI, Jumat, 13 September 2019.

Ke-enam mahasiswa peserta PMMB tersebut adalah Ratna Uli Ambarita Mahasiswa Program Studi Hukum Perdata penempatan di Palangkaraya Kalimantan Tengah, Reni Andini Mahasiswa Program Studi Hukum Perdata penempatan di Palangkaraya Kalimantan Tengah,  Irma Widya Simbolon Mahasiswa Program Studi Hukum Pidana penempatan di Palangkaraya Kalimantan Tengah, Venti Novela Harianja Mahasiswa Program Studi Ekonomi Manajemen penempatan di Medan Sumatera Utara, Jeni Ertina Sinaga Mahasiswa Program Studi Ekonomi Manajemen penempatan di Bandar Lampung, dan  Nelita Tampubolon Mahasiswa Program Studi Ekonomi Manajemen penempatan di Banten.

Ir. Mustafa Ginting M.Si selaku Kepala Pusat Pengembangan Karir Universitas Simalungun (PPK USI) yang mengelola PMMB di USI dalam kata sambutannya mengatakan PMMB di BUMN merupakan kerja sama Kementerian BUMN dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI dalam rangka link and match kurikulum pendidikan Perguruan Tinggi untuk dapat selaras dengan kebutuhan kompetensi BUMN.

Program tersebut dikelola oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI), dimana pelaksanaannya dilakukan 2 kali dalam setahun. Periode pertama pada bulan  Maret sampai Agustus dan periode kedua pada bulan September sampai Februari. Program ini sudah mulai berlangsung sejak Desember 2018. Perguruan tinggi bisa mendapatkan PMMB melalui proses panjang yang diawali menjalin komunikasi, dan kerjasama yang dituangkan dalam MoU dengan FHCI. Kemudian Perguruan Tinggi mitra mengirimkan nama mahasiswa yang berpotensi sebagai peserta PMMB kepada FHCI untuk selanjutnya di seleksi, tutur Ginting.

Untuk pertama kalinya mengikuti PMMB, USI hanya mengirinkam nama mahasiswa dari Fakultas Hukum,  dan dinyatakan lulus hanya satu orang saja yang ditempatkan pada BUMN PT. Jasa Raharja di Palangkaraya Kalimantan Tengah. Dalam proses perjalalanan pelaksanaannya ternyata ada beberapa Perguruan Tinggi dimana mahasiswanya tidak siap dan tidak bersedia mengisi quotanya. Kesempatan ini dikejar melalui kerja maksimal, niat baik dan tulus yang tentunya juga diiringi dengan doa sehingga berdasarkan hasil lobby dengan PIC (pengelola) PMMB  PT. Jasa Raharja akhirnya diputuskan bahwa mahasiswa USI memperoleh quota peserta PMMB tahun 2019 sebanyak  6 orang di BUMN PT. Jasa Raharja. Untuk itu kepada adik-adik mahasiswa peserta magang jangan menyia-nyiakan kesempatan dan kerja keras kami ini, manfaatkan peluang dan kesempatan ini sebaik-baiknya dan upayakan agar saudara nanti dapat diterima bekerja di perusahaan BUMN tersebut. Mudah-mdahan untuk magang selanjutnya USI lebih banyak lagi mendapatkan quota mahasiswa yang ditempatkan pada berbagai BUMN, pungkas Ginting.

Kata Ginting lebih lanjut, melalui PPK USI, USI telah menandatangani MoU dengan FHCI pada bulan April 2019 lalu, dimana MoU berlaku dalam kurun waktu 5 tahun. Dalam MoU dinyatakan bahwa mahasiswa mengikuti magang di BUMN selama minimal 6 bulan dan dapat diperpanjang. Dalam MoU itu juga dinyatakan bagi mahasiswa yang diterima sebagai peserta magang akan memperoleh uang saku, transportasi dan uang makan setiap bulannya selama magang yang besarannya tergantung keadaan keuangan BUMN. Khususnya untuk magang di PT Jasa Raharja mahasiswa diberikan uang saku, uang transport dan uang makan kisaran sebesar 3 juta rupiah per bulan selama magang.

Ir.Mustafa Ginting, M.Si yang juga Dosen Fakultas Pertanian dan Pascasarjana USI ini menuturkan, tidak semua perguruan tinggi mendapatkan program mahasiswa magang di BUMN ini. Jangankan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Perguran Tinggi Negeri (PTN) pun masih banyak yang belum mendapatkan program mahasiswa magang tersebut.  Sampai saat ini baru 112 dari 5.500 perguruan tinggi se Indonesia yang mendapatkannya termasuk USI salah satunya. Hal ini menunjukkan bahwa secara fakta dan nyata USI telah diakui eksistensinya dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi di Indonesia oleh semua fihak. Untuk itu bagi masyarakat Siantar Simalungun dan sekitarnya tidak perlu lagi ada keraguan dalam menentukan pilihan kampus tempat kuliah putra putrinya, USI adalah pilihan yang paling tepat.

Galaxi Saragih Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum yang mewakili organisasi kemahasiswaan USI dalam sambutannya mengatakan Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Mustafa Ginting, Kepala PPK USI dan Ibu Corry Rektor USI yang akhir-akhir ini banyak membuat terobosan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Kami bangga menjadi mahasiswa USI karena USI sudah ikut terlibat dalam kancah nasional.

Sementara Elidawaty Purba, SE, MSi Dekan Fakultas Ekonomi USI dalam sambutannya mengatakan kepada anak-anak kami kalian persiapkan diri dan mental dalam mengikuti magang ini. Manfaatkan peluang dan kesempatan ini sebaik-baiknya dan jaga nama baik almatermu USI. Tunjukkan bahwa kamu alumni USI tidak ada bedanya dengan alumni dari perguruan tinggi lain.

Senada dengan itu Ir. Amsar Saragih, MM Ketua Pengurus Yayasan USI dalam sambutannya mengatakan anak-anak kami peserta magang adalah duta USI se ke seluruh wilayah Indonesia. Anda bisa ikut peserta magang di BUMN ini karena USI, bila anda kuliah di perguruan tinggi lain belum tentu anda bisa ikut magang seperti program yang ada di USI. Sampaikanlah informasi ini kepada keluarga, teman, tetangga terutama adik-adik kamu tamatan SMA/SMK sederajat, buatkan testimoni apa yang kamu rasakan dan dapatkan selama kuliah di USI.

Dr. Corry, M.Si Rektor USI dalam sambutannya mengatakan kita sangat bangga hati sekali melalui PPK USI yang telah banyak melakukan terobosan-terobosan demi kemajuan USI. Kepada adik-adik kami mahasiswa peserta magang, nanti selama magang ikutilah semua aturan-aturan yang ada di kantor tempat kalian magang, ambillah ilmu sebanyak-banyaknya karena ilmu lapangan itu tidak pernah diberikan dibangku kuliah. Enggak usah takut dimanapun kamu ditempatkan seperti Palangkaraya pun tidak ada masalah. Tunjukkan saja prestasi kamu selama magang, dan jaga nama baik almamatermu.

Acara pemberangkatan mahasiswa magang ini diakhiri dengan memboras tengeri (Simalungun)  mahasiswa peserta magang oleh Rektor USI, Ketua Pengurus Yayasan USI, Wakil Rektor-3 USI, Dekan Fakultas Ekonomi USI, Wakil Dekan-3 Fakultas Hukum USI, Kepala PPK USI dan Ir. Hamdan Nasution Alumni  Fakultas Pertanian USI. Selanjutnya salaman dan ucapan selamat magang kepada mahasiswa peserta magang dan foto bersama.WhatsApp Image 2019-09-13 at 13.08.24.jpeg

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: